Pages

Selasa, 03 April 2012

MISTERI DI CANDI PENATARAN (PART 1)

Masih tentang misteri-misteri yang belum terungkap di negeri ini, Candi Penataran di terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, tepatnya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Blitar, Jawa Timur; pada ketinggian 450 meter di atas permukaan air laut.

 
Di areal candi ini terdapat banyak relief yang meyimpan misteri bagi yang jeli mencermatinya. Sangat banyak relief yang menunjukkan bangsa asing yang pernah kita kenal. Sosok-sosok tersebut selalu digambarkan sebagai sosok yang seolah-olah takluk kepada yang berkuasa di Candi Penataran. Sayang sebagian relief sudah rusak, namun untungnya beberapa bagian masih dapat dikenali.


Beberapa relief di Candi Penataran yang menunjukkan bangsa asing yang pernah kita kenali :
Pada relief ini terlihat ada tiga orang di belakang orang yang sedang duduk, dan di depannya ada dua orang yang sedang menyembah. Kalau diperhatikan dengan jeli, orang yang paling kiri seperti orang yang berpakaian dari suku bangsa Han [China], lalu di depannya mirip orang yang tergambar di Angkor Vat [Bangsa Campa], dan di depannya lagi mirip orang dari Maya, Inca atau Copan yang berasal dari Amerika Latin. Sedangkan salah satu yang berjongkok di depan [paling kanan] terlihat orang yang bertutup kepala seperti orang Yahudi. Dari gambar ini bisa diperkirakan yang disembah adalah yang duduk dan tiga orang yang berdiri di belakang yang duduk adalah pengawalnya.


Pada relief di atas terlihat ada tiga orang yang bukan berpakaian ala kerajaan kita, posisi mereka menyembah dan duduk di bawah, sepintas dari cara berpakaiannya mirip orang Mesir.  

Jadi siapakah mereka dan sedang apa di sana ? 

Setelah dicermati dengan lebih jeli, relief tersebut diperkirakan adalah gambaran dari tiga orang wanita. Perkiraan tentang mereka adalah karena wanita dalam relief tersebut tidak berjanggut.
Kalau dianggap wanita Jepang ataupun Korea ada ketidaksamaan yang terletak di model tutup rambut dan apabila dikatakan mirip sorban dari India, maka biasanya yang menggunakan adalah laki-laki yang selalu digambarkan berjenggot.



Dari ketiga gambar di atas hampir mirip dengan relief-relief yang ada di candi Penataran. Jadi dapat diperkirakan yang ada di relief itu adalah sosok wanita Mesir.

Pada gambar di samping terlihat
relief seorang putri yang sedang
disembah atau mungkin sedang
dilayani. Di latar belakang sosok
putri tersebut terdapat raut wajah
yang agak rusak namun dari tutup
kepalanya seperti tutup kepala
orang Romawi.
Ada yang mengira itu adalah
pohon palem, namun tidak ada
pohon palem yang bentuknya
melengkung seperti itu.
Juga bukan merupakan ornamen
atau hiasan karena tidak ada
ornamen pendukung yang dapat
mendefinisikan itu apa.


Namun bila diperhatikan seperti seorang prajurit Romawi yang sedang mengawal seorang putri dengan rambutnya yang agak bergelombang yang merupakan ciri khas dari putri-putri di Romawi.

 
Gambar diatas menunjukkan beberapa model rambut Romawi yang dapat kita temukan di relief di candi Penataran, terutama di urutan ke-3 dari kiri.

Masalahnya, kenapa dalam sejarah nasional tidak ada penjelasan seberapa luas
Negara kita dahulu ?

Semoga para arkeolog Indonesia pada khususnya dan seluruh dunia pada umumnya bisa segera mengungkap apa yang tersembunyi dibalik peninggalan-peninggalan sejarah di Indonesia, postingan kali ini masih akan berlanjut, semoga bisa menambah pengetahuan dan membawa manfaat bagi kita semua.

*sumber: Misteri di Candi Cetho Dan Penataran oleh Agung Bimo Sutejo dan Timmy Hartadi

2 komentar:

afif mukminin mengatakan...

sumpah asik gan pembahasanya
ditunggu part 2 ya

saya copas ya gan*

Roni Setyawan mengatakan...

penjelasan dan pembhasan yg keren...
setidaknya lebih jelas mngetahui arti dan cerita relief candi penataran...
mnjdi masukkan untuk refernsi ide desain Perancangan interior gan..
ane ijin copas... always waiting part2...
maturnuwun

Poskan Komentar

saran dan kritik sangat dibutuhkan bagi www.bhayangkara87.blogspot.com