Pages

Senin, 26 Maret 2012

Sumpah Palapa

Assalamu'alaikum sobat, dalam hidup kita memang harus mempunyai tekad yang kuat, apalagi didalam era seperti ini, dimana hampir semua-mua hal tidak mudah didapatkan. Dari A sampai Z, sangat jarang kita temui sesuatu yang gratis, sampai-sampai, saya pernah dengar celetukan "jangankan ambil air Mas, wong buang air saja sekarang kudu mbayar kok". hahahaha.... Bener juga yah kata-kata itu.

Kembali ke masalah tekad, masih ingat tentang Gajah Mada dengan sumpah palapa nya?, yups, mungkin saja cerita nenek moyang kita yang satu ini, eits, "kakek moyang" mungkin tepatnya,hehehe.. bisa menjadi satu motivasi untuk kita menjadi manusia yang bertekad kuat. amin hehehe...
Entah, ilham dari mana yang merasuki jiwa dan pikiran Gajah Mada, hingga Ia begitu terobsesi mempersatukan pulau dan wilayah yang begitu banyaknya dalam satu Nusantara dibawah panji-panji majapahit.
entah, keteguhan macam apa yang dia miliki, hingga Ia berani tanpa keraguan sedikitpun bersumpah meninggalkan semua kesenangan hidup sampai sumpahnya terwujud dalam kebesaran majapahit.

Bahkan Indonesia berutang pada Gajah Mada dengan sumpahnya hingga Indonesia mewarisi kekuasaan wilayah yang begitu luas dengan untaian Zamrud Khatulistiwanya. semua ini tidak lepas dari besarnya tekad Gajah Mada yang walaupun bagi Gajah Mada sendiri, belum bisa dikatakan berhasil, tapi dia telah mampu menyatukan jajaran pulau2 yang begitu luasnya dalam wilayah kesatuan Majapahit, yang kini kini kita kenal sebagai negara "INDONESIA"

Sumpah palapa begitu magis dan menegangkan, betapa tidak, setelah ditelisik perjalanan hidupnya, Mahapatih Amangku Bumi Gajah Mada ini, bukanlah siapa-siapa. mengawali perjalanan karirnya dari tataran yang paling bawah.Loyalitas, dan totalitas pengabdian pada negara yang bermuara pada keberaniannya mengucap sumpah sekaligus mengejawantahkan sebuah gagasan yang cerdas, progresif dan revolusioner, mengantarkannya pada puncak kesuksesan.

Pastinya sobat sekalian penasaran dengan cerita Sumpah Palapa yang bahkan bukan hanya orang-orang Indonesia sendiri yang mengetahuinya, beberapa sumber mengatakan Filipina, Malaysia, Brunei bahkan sampai ke Thailand pernah mendengar dan bahkan mengetahui cerita ini. Asal sobat ketahui, negara-negara tersebut, dahulu berada dalam wilayah kekuasaan Majapait. yups... menegangkan bukan? jika Sobat ingin mengetahui cerita seru ini, lanjutan dari posting sebelumnya, langsung saja silahkan klik disini untuk mendownloadnya. untuk pass file nya masih tetap sama  nama blog ini tanpa "http://".
buku karangan Langit Khresna Hariadi ini saya jamin akan membawa Sobat sekalian didalam "Hamukti Palapa" hehehehe... puedhe.
semoga bermanfaat, wassalamu'alaikum.

0 komentar:

Posting Komentar

saran dan kritik sangat dibutuhkan bagi www.bhayangkara87.blogspot.com